Sebenernya yaa.. kuliah di luar negri itu merepotkan! mehehehe
apalagi dalam hal menulis, yang sifat nya akademis ato formal.
kacau!
kenapa?
kalo mau ngomong inggris aja ya, hasil pikiran kita dituangkan kelisan dalam bahasa indo trus harus di translate ke inggris.. la kalo nulis? makin panjang lagi kan proses nya? mihihihi .. yah, itu cerita nya aku yang pas-pas an aja sih.. hahaha
anyway, life must go on.
namanya juga mahasiswa ya, tugas paper itu biasa.
paper satu paper dua paper tiga blablabla.
sampe suatu hari, ada mata kuliah "Research Topic" dimana aku memasuki masa latian bikin proposal tesis.
disini tugasnya baca baca baca nulis diskusi baca nulis diskusi dan gitu seterusnya sampe si supervisor bilang.
"tolong di cek lagi ya bahasa Inggris nya, struktur nya ada yang aneh."
dilain hari..
"tau nggak, penulis itu ada 2. pertama, ada yang ide nya biasa tapi dia bisa menuangkan dengan baik. kedua, ada yang idenya bagus, tapi nggak bisa menyampaikan. dan kamu adalah yang kedua."
Diantara hal lain yang bikin down, ini adalah salah satunya.
Lalu, takut dan ragu lagi lagi datang.. "Bakal bisa nulis bener ga ya?"
Tapi, lagi-lagi takut dan ragu malah yang jadi motivasi. :))
jadi, akhirnya buat tesis yang akhirnya sudah terlewati, aku mulai dengan..
1. pakai fasilitas kampus: konsul dan les "academic writing".
khususnya buat mahasiswa twente, kan ada tuh, konsul gratis 3x dengan masing-masing pertemuan 45 menit.
nah, revisi dari tulisan aku yang di kritik si bapak di atas aku bawa buat dikonsulin. si guru ini trus ga baca tulisan aku ternyata T.T hahaha, dia nanya bagian mana yang dikritik, apa struktur nya, grammarnya, blablabla. malah, dari situ sih aku merasa si guru menggiring aku untuk memahami kalo aku bener-bener tau salah ku ato enggak.
lanjutt, buat les academic writing di UTwente ada yang basic, ada juga khusus buat master thesis writing.
Pas banget tau nya waktu mulai nulis tesis, jadi gabung lah aku di kelas itu. tapi bayar yaaa.. eh mayan loo gratis buku #manusiagratisan :D
Pertemuannya sebulan sekali, dengan tujuan ada perkembangan tulisan di tiap pertemuan. di kelas nya bakal dapet pembahasan tentang penulisan tesis secara umum dan remeh temeh tentang menulis yang sungguh membantu. dan tentu nya si guru terus nanya sejauh mana perkembangan tesis murid-murid nya :))) ples ada perr review dari temen sekelas.. uwuwuwuw..
cekidot link nya master thesis writing utwente
2. Pilih supervisor yang pas.
Jadi ceritanya, bapak supervisor aku ini terkenal dengan tulisan nya yang rapi. dan hasil tulisan anak didiknya juga rapi, runtut, dan mudah dipahami. pengincaran dimulai ! mehehehheee..
Untung nya ya, ranah topik yang dikuasai si bapak ini sesuai sama apa yang aku inginkan.
Gayung bersambut #ceilah!
Singkat cerita, mulailah konsul dengan si bapak ini. ternyata, dibalik tuntutan tulisan rapi, bapaknya suka penelitian yang njelimet. HMMM.
Baiklah.
Tapi katanya, bapak ini motivating. jadi, aku jujur lah kalo emang writing ku pas-pas an dan begini dan begitu. at least, dengan menceritakan kondisi awal, bapaknya bisa memahami kondisi dan menyesuaikan feedback sesuai aku butuh nya apa dalam proses tesis ini.
Selain itu, aku cek tesis anak didik yang dibimbing si supervisor. Pasti ada gaya penulisan tertentu yang bisa jadi panduan. Walopun kalo udah berusaha sesuai anak didik sebelumnya, ini ga menjamin bakal bener yaa. At least, ini bakal membantu kalo udah buntu mo nulis darimana.
Intinya, 2 poin di atas berhubungan. karena setelah tiga kali revisi.
Bapak nya komentar,"Something has changed!", sambil senyum-senyum bolak balik halaman tesis.
Legaaaaa..
Kata nya,"Hasil ga mengkhianati proses". Alhamdulillah :))
Semoga yang sedikit ini bermanfaat ya!!
apalagi dalam hal menulis, yang sifat nya akademis ato formal.
kacau!
kenapa?
kalo mau ngomong inggris aja ya, hasil pikiran kita dituangkan kelisan dalam bahasa indo trus harus di translate ke inggris.. la kalo nulis? makin panjang lagi kan proses nya? mihihihi .. yah, itu cerita nya aku yang pas-pas an aja sih.. hahaha
anyway, life must go on.
namanya juga mahasiswa ya, tugas paper itu biasa.
paper satu paper dua paper tiga blablabla.
sampe suatu hari, ada mata kuliah "Research Topic" dimana aku memasuki masa latian bikin proposal tesis.
disini tugasnya baca baca baca nulis diskusi baca nulis diskusi dan gitu seterusnya sampe si supervisor bilang.
"tolong di cek lagi ya bahasa Inggris nya, struktur nya ada yang aneh."
dilain hari..
"tau nggak, penulis itu ada 2. pertama, ada yang ide nya biasa tapi dia bisa menuangkan dengan baik. kedua, ada yang idenya bagus, tapi nggak bisa menyampaikan. dan kamu adalah yang kedua."
Diantara hal lain yang bikin down, ini adalah salah satunya.
Lalu, takut dan ragu lagi lagi datang.. "Bakal bisa nulis bener ga ya?"
Tapi, lagi-lagi takut dan ragu malah yang jadi motivasi. :))
jadi, akhirnya buat tesis yang akhirnya sudah terlewati, aku mulai dengan..
1. pakai fasilitas kampus: konsul dan les "academic writing".
khususnya buat mahasiswa twente, kan ada tuh, konsul gratis 3x dengan masing-masing pertemuan 45 menit.
nah, revisi dari tulisan aku yang di kritik si bapak di atas aku bawa buat dikonsulin. si guru ini trus ga baca tulisan aku ternyata T.T hahaha, dia nanya bagian mana yang dikritik, apa struktur nya, grammarnya, blablabla. malah, dari situ sih aku merasa si guru menggiring aku untuk memahami kalo aku bener-bener tau salah ku ato enggak.
lanjutt, buat les academic writing di UTwente ada yang basic, ada juga khusus buat master thesis writing.
Pas banget tau nya waktu mulai nulis tesis, jadi gabung lah aku di kelas itu. tapi bayar yaaa.. eh mayan loo gratis buku #manusiagratisan :D
Pertemuannya sebulan sekali, dengan tujuan ada perkembangan tulisan di tiap pertemuan. di kelas nya bakal dapet pembahasan tentang penulisan tesis secara umum dan remeh temeh tentang menulis yang sungguh membantu. dan tentu nya si guru terus nanya sejauh mana perkembangan tesis murid-murid nya :))) ples ada perr review dari temen sekelas.. uwuwuwuw..
cekidot link nya master thesis writing utwente
2. Pilih supervisor yang pas.
Jadi ceritanya, bapak supervisor aku ini terkenal dengan tulisan nya yang rapi. dan hasil tulisan anak didiknya juga rapi, runtut, dan mudah dipahami. pengincaran dimulai ! mehehehheee..
Untung nya ya, ranah topik yang dikuasai si bapak ini sesuai sama apa yang aku inginkan.
Gayung bersambut #ceilah!
Singkat cerita, mulailah konsul dengan si bapak ini. ternyata, dibalik tuntutan tulisan rapi, bapaknya suka penelitian yang njelimet. HMMM.
Baiklah.
Tapi katanya, bapak ini motivating. jadi, aku jujur lah kalo emang writing ku pas-pas an dan begini dan begitu. at least, dengan menceritakan kondisi awal, bapaknya bisa memahami kondisi dan menyesuaikan feedback sesuai aku butuh nya apa dalam proses tesis ini.
Selain itu, aku cek tesis anak didik yang dibimbing si supervisor. Pasti ada gaya penulisan tertentu yang bisa jadi panduan. Walopun kalo udah berusaha sesuai anak didik sebelumnya, ini ga menjamin bakal bener yaa. At least, ini bakal membantu kalo udah buntu mo nulis darimana.
Intinya, 2 poin di atas berhubungan. karena setelah tiga kali revisi.
Bapak nya komentar,"Something has changed!", sambil senyum-senyum bolak balik halaman tesis.
Legaaaaa..
Kata nya,"Hasil ga mengkhianati proses". Alhamdulillah :))
Semoga yang sedikit ini bermanfaat ya!!
No comments:
Post a Comment