Wednesday, June 3, 2015

Shoutout For Shoutout Pada Akun Instagram Di Era Pemasaran 3.0 (paper)

This is my very first experience to join in 'Call for Paper'
so, this paper already presented at CCCMS - Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta, Indonesia (2014).


Gelombang Baru Komunikasi Pemasaran Di Media Sosial:
Shoutout For Shoutout Pada Akun Instagram Di Era Pemasaran 3.0


Abstrak


Paper ini ingin melihat secara mendalam bagaimana konsep pemasaran shoutout for shoutout (SFS) di akun instagram menjadi konsep yang cukup menarik bagi pengusaha jual beli ber-media internet (online shop). Hal ini tampak pada semakin banyaknya pengguna instagram yang menggunakan SFS sebagai sarana promosi produk mereka. Seperti yang sudah diketahui, bahwa konsep pemasaran konvensional yang selama ini diketahui – bauran pemasaran, telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dengan hadirnya konsep pemasaran 2.0 dan 3.0. Konsep promosi SFS dapat dikatakan sebagai bagian dari model pemasaran 3.0 (marketing 3.0) yang menekankan aspek partisipasi dalam melakukan promosi melalui akun instagram. Pada dasarnya, instagram merupakan aplikasi yang dibuat untuk memenuhi hasrat manusia dalam berfoto menggunakan telepon seluler dan mampu terkoneksi dengan orang lain hanya dengan mengunggah foto tersebut ke akun pribadi. Instagram masuk dalam social awareness stream seperti media sosial lainnya karena pengguna dapat mengunggah foto (posting), menyukai foto pengguna lain (likes), dan memberikan komentar hasil foto pengguna lain secara langsung tanpa harus mengenal profil pengguna akun tersebut.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang akan menggambarkan fenomena secara menyeluruh dan memaparkan bagaimana keterkaitannya dengan suatu konsep. Jenis penelitian tersebut memungkinkan peneliti untuk mengetahui konsep SFS yang digunakan di instagram secara holistik dan sejauh mana SFS dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk implementasi pemasaran 3.0.

Kata kunci: Shoutout for Shoutout (SFS); Marketing 3.0; instagram; pemasaran di media sosial

If anyone need the complete discussion of this paper, kindly contact me via email fitria.avicenna@gmail.com. :)) thanks

1 comment:

Anonymous said...

Mbak, boleh minta cp nya? saya mau tanya tanya mbak tentang SFS dengan mbak, karena saya juga mengangkay SFS sbg objek penelitian saya. ini nomor hp saya/ WA 085740714488.