This is my very first experience to join in 'Call for Paper'
so, this paper already presented at CCCMS - Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta, Indonesia (2014).
so, this paper already presented at CCCMS - Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta, Indonesia (2014).
Gelombang Baru Komunikasi
Pemasaran Di Media Sosial:
Shoutout For Shoutout Pada Akun Instagram
Di Era Pemasaran 3.0
Abstrak
Paper ini ingin melihat secara mendalam bagaimana konsep pemasaran
shoutout for shoutout (SFS) di akun instagram menjadi konsep yang cukup menarik bagi pengusaha
jual beli ber-media internet (online shop).
Hal ini tampak pada semakin banyaknya pengguna instagram yang menggunakan SFS sebagai sarana promosi produk
mereka. Seperti yang sudah diketahui, bahwa konsep pemasaran konvensional yang
selama ini diketahui – bauran pemasaran, telah mengalami perkembangan yang
cukup signifikan
dengan hadirnya konsep pemasaran 2.0 dan 3.0. Konsep
promosi SFS dapat dikatakan sebagai bagian dari model pemasaran 3.0 (marketing 3.0) yang menekankan aspek partisipasi
dalam melakukan promosi melalui akun instagram. Pada dasarnya, instagram
merupakan aplikasi yang dibuat untuk memenuhi hasrat manusia dalam berfoto
menggunakan telepon seluler dan mampu terkoneksi dengan
orang lain hanya dengan mengunggah foto tersebut ke akun pribadi. Instagram
masuk dalam social awareness stream
seperti media sosial lainnya karena pengguna dapat mengunggah foto (posting), menyukai foto pengguna
lain (likes), dan memberikan komentar
hasil foto pengguna lain secara langsung tanpa harus mengenal profil pengguna
akun tersebut.
Penelitian ini merupakan
jenis penelitian kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang akan
menggambarkan fenomena secara menyeluruh dan memaparkan bagaimana
keterkaitannya dengan suatu konsep. Jenis penelitian tersebut memungkinkan peneliti untuk mengetahui konsep SFS yang digunakan
di instagram secara holistik dan sejauh mana SFS dapat dikatakan sebagai salah
satu bentuk implementasi pemasaran 3.0.
Kata kunci: Shoutout for Shoutout (SFS); Marketing 3.0; instagram;
pemasaran di media sosial
If anyone need the complete discussion of this paper, kindly contact me via email fitria.avicenna@gmail.com. :)) thanks
1 comment:
Mbak, boleh minta cp nya? saya mau tanya tanya mbak tentang SFS dengan mbak, karena saya juga mengangkay SFS sbg objek penelitian saya. ini nomor hp saya/ WA 085740714488.
Post a Comment